Cara Memperbaiki Scroll Mouse

Cara Memperbaiki Scroll Mouse Yang rusak

Pastinya penggunak PC atau Komputer pernah mengalami ini, Scroll Mouse rusak tiba-tiba. Mungkin langsung terlintas dipikiran ketika mengalami scroll rusak yah beli Mouse baru lagi mungkin ada juga niat memperbaikinya akan tetapi tidak tahu caranya. TalehArt akan memberikan cara untuk memperbaiki Scroll rusak dari Artikel yang dilansir oleh situs teknikit.com.

talehart

Berikut adalah cara memperbaiki Scroll Mouse yang rusak :

Bahan yang diperlukan : Obeng kecil, Lem sejenis Alteco dan Mouse yang rusak.

talehart

  • Pertama tama kita bongkar mouse menggunakan obeng plus, Lepas PCBnya, lihat gambar dibawah.

talehart
  • Lepaskan mouse wheel dari dudukannya (lubangnya). Nah, ini biasanya yang terjadi, yang membuat scroll mouse sering error. Antara mouse wheel dengan lubang (dudukan) biasanya terjadi slip. Jadi mouse wheel sudah diputar akan tetapi piringan bergerigi tidak ikut berputar. Ataupun, mouse wheel sudah berputar akan tetapi piringan bergerigi terlambat berputar, karena terjadi sedikit slip.
talehart
  • Nah untuk menghilangkan slip antara shaft mouse wheel dengan lubang piringan bergerigi, maka kita akan mengelemnya menggunakan lem AltecoKonsekuensi dari ini adalah anda tidak bisa lagi melepas mouse wheel dari lubangnya karena sudah dilem mati, kalau anda paksa maka shaft mouse wheel akan patah. Tapi ini tidak jadi masalah yang penting scroll mouse bisa normal kembali.
  • Beri sedikit lem alteco ke shaft mouse wheel, sedikit saja, satu titik atau dua titik. Sebelum lem mengering segera masukkan mouse wheel ke lubang piringan.
talehart
  • Tunggu beberapa saat sampai lem benar benar kering kemudian pasang kembali komponen mouse dan rakit kembali mouse yang anda bongkar tadi.
  • Sampai di sini harusnya mouse sudah baik seperti semula tanpa ada error di scroll mouse.
  • Kemudian ada juga kasus lain, scroll mouse rusak yang dikarenakan antara plat dengan gerigi piringan sudah tidak bersentuhan lagi. Lihat gambar berikut ini.
talehart
  • Dalam kondisi normal antara plat dengan gerigi piringan harusnya bersentuhan. Sangat terasa apabila scroll mouse itu diputar. Jika plat sudah tidak bersentuhan maka ketika mouse wheel diputar akan terasa lancar tanpa hambatan. Tapi kalau plat masih bersentuhan dengan gerigi, saat diputar akan terasa ada jeda (klik klik klik klik, dst). Jika plat sudah tidak bersentuhan lagi, anda bisa mengakalinya dengan mengganjal pinggiran plat agar menekan plat dan bersentuhan dengan gerigi.
Demikian Cara memperbaiki Scroll Mouse yang rusak, Selamat mencoba dan semoga Scroll mouse anda bisa kembali normal.

0 Response to "Cara Memperbaiki Scroll Mouse"

Posting Komentar